Selasa, 17 Maret 2015

KEGIATAN SEHARI HARI DI PONPES NURUL AMANAH



a.       Pengajian Kutub
  1.    Mengaji Wajib
Pengajian wajib dikaji langsung oleh pengasuh Drs. KH. M. Jazuli Nur, Lc, setiap hari sehabis shubuh
  2.    Mengaji Sesuai Tingkatan
Pengajian ini dikaji langsung oleh masing-masing pengajar, mulai tingkat bawah sampai tingkat atas.

   3.    Mengaji Bebas
Pengajian ini bersifat bebas bagi santri untuk memilih kitab yang di minati, sedang pelaksanaannya pukul 20.00 WIB      

 

b.      Jam’iyyah
Pembentukan organisasi ini di tekankan pada letak asrama dalam keseluruhan struktur pesantren. Maka terbentuklah jam’iyyah-jam’iyyah dalam upaya menegakkan persatuan dan kesatuan. Pembentukan jam’iyyah ini terdiri dari 6 kelompok jam’iyyah. Yaitu: Jam’iyyah Simthud Dhuror, Jam’iyyah Manaqib, Jam’iyyah Al-Barzanji, Jam’iyyah Diba’iyah, Jam’iyyah Burdah, Jam’iyyah Rotibu Al-Hadad. Yang masing-masing jam’iyyah itu beranggotakan  kurang lebih tiga puluh orang dan diketuai oleh seorang santri dan wakilnya. Adapun kegiatannya dilaksanakan setiap malam senin, malam rabu setelah sholat isya’ dengan acara pada malam yang ke:


I.             Al-Barzanji
II.          Diba’iyyah
III.       Manaqib
IV.       Simthud Duror. 

semua kegiatan tersebutut untuk melatih ketrampilan dalam berdzikir dan mermunajah kepada sang khaliq.

c.       Tarbiyatul Muballighoh
Organisasi ini mencoba untuk mencetak kader-kader da’i yang militan dan responsive yang mampu meneruskan dakwah nabi SAW. dengan metode semacam pelatihan, penggemblengan dan pada suatu saat mendatangkan tutor dari luar serta aktif mengadakan diskusi.
d.      Tarbiyatul Qiro'ah
Selain Tarbiyatul Muballighoh, demi tercetaknya kader-kader Qiro'ah yang handal, maka di bentuk pula Tarbiyatul Qiro'ah. Kegiatan ini diikuti oleh santri yang berminat dan berbakat dalam seni baca Al-Qur'an, dan dilaksanakan pada hari jum'at yang di bimbing langsung oleh Nyai Hj. Muthi’ah
 
e.       Jam'iyatul Qurro'
  Kegiatan ini diikuti oleh semua santri kecuali peserta Tarbiyatul Qur'an dan Tarbiyatul Muballighoh. Kegiaan ini bertempat di musholla.
f.       Tartilul Qur'an
Aktifitas ini terlaksana dibawah binaan H. Agus Subhan Malik, Lc dan Nyai Hj Nur Hanah. Adapun peserta di ambil dari guru mengaji, ketua jamiyyah, ketua kamar, pengurus pondok, santri yang sudah khotam.

 

g.      Musyawarah
Dalam rangka meningkatkan mutusantri Pondok Pesanten Nurul Amanah mengeluarkan ultimatum bahwa semua santri wajib mengikuti musyawarah mulai dari yang kecil sampai yang dewasa, yang hal ini di pantau langsung oleh Mustahiq dan Munawib. 


h.      Mujahadah
Mujahadah merupakan suatu sarana untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Sang Kholik dan untuk melatih santri agar lebih istiqomah dalam bermunajat serta berpasrah diri kepada-Nya.

 

i.       Seni Hadroh
Dalam rangka meningkatkan ketrampilan dan mahabbah pada rosululloh SAW para santri, Para pengurus pondok menekankan agar santri ikut kegiatan bersholawat.yang di laksanakan tiga kali dalam seminggu, diasuh oleh Para senior dibawah naungan bendera. ' NURUL MUSTOFA"

Tidak ada komentar: